Senin, 24 Mei 2010

UAS

6 komentar:

  1. (UAS) 1. Jessica, coba uraikan berdasarkan teori kognitif mengapa kamu memilih nama blog 'Starlight In Darkness'.

    BalasHapus
  2. Dalam memilih nama blog "Starlight in Darkness" ini saya setuju dengan teori dari Lev Vygotsky. Ia berkata bahwa untuk memahami fungsi kognitif kita harus memeriksa alat yang memperantarai dan membentuknya, dan ia yakin bahasa adalah alat yang paling penting. Bahasa ini berguna untuk membantu anak merancang aktivitas dan memecahkan masalah sejak masa early childhood. Masalah yang saya hadapi tentu saja adalah saat memilih nama blog, saya bingung apa nama yang benar-benar khusus dan mencerminkan diri saya sendiri.
    Lalu tiba-tiba saya teringat.. Nama Mandarin saya adalah "ying" yang diambil dari kata "kunang-kunang" dalam bahasa Mandarin, dan nama Buddhis saya adalah "liang" yang berarti "terang". Keduanya mengandung makna cahaya yang muncul dari kegelapan. Dari makna tersebut, memang seharusnya saya memilih nama blog "Light in Darkness", tetapi saya lalu berpikir, cahaya saya harus murni dari diri saya sendiri seperti kunang-kunang, dan saya kepikiran akan bintang dan dihasilkanlah nama "Starlight in Darkness".

    Dari sini dilihat bahwa sesuai dengan teori Vygotsky, bahasa dan pikiran saya yang mula-mula berkembang sendiri-sendiri sekarang telah bergabung dan menghasilkan nama blog ini.

    BalasHapus
  3. (UAS) 2. Coba jelaskan berdasarkan teori psikologi pendidikan sehubungan dengan janji saya untuk men-deliveri nilai namun belum terlaksana.

    BalasHapus
  4. Manajemen kelas yang aktif akan memaksimalkan kesempatan pembelajaran murid. Telah ada perubahan dalam cara terbaik untuk mengelola kelas. Pandangan lama menekankan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol tindak tanduk murid. Pandangan baru memfokuskan pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri. Manajemen kelas ini lebih menekankan pada pembimbingan murid untuk menjadi lebih mau berdisiplin diri dan tidak terlalu menekankan pada kontrol eksternal atas diri murid.
    Menurut saya dalam manajemen kelas yang baru ini murid diharapkan untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Memang pada awalnya dosen yang mengumumkan akan mendeliveri nilai melalui email/blog, tetapi seharusnya menurut manajemen ini para mahasiswa yang seharusnya mengingatkan dosen mengenai janji tersebut, bukan hanya menunggu.

    BalasHapus
  5. Bahasa yang lugas Jessica..

    Skor UASmu 90

    BalasHapus